Translate

Monday, August 20, 2012

TREKKING KAWAH IJEN

Kawah ijen berada di wilayah bondowoso-banyuwangi.untuk trekking kali ini kami lewat jalur situbondo melalui besuki dll.setelah berafting ria di sungai pekalen probolinggo,akhirnya kami meluncur ke kawah ijen tepat pukul 6mlm.kami sempat berhenti makan di daerah banyuglugur.rame2 pesen makan.setelah itu meluncur kembali ke kota situbondo.dengan 2 mobil elf+apv kami berjalan beriringan.
melewati alas kumitirpd malam hari terasa ngeri,dengan jalan yg berkelok-kelok menanjak pula,mobil berjalan perlahan2,tidak bisa salip-menyalip karena jln sempit.pas di tengah2 alas kumitir tas2 yg ada di mobil elf pd berjatuhan rupanya pintu belakang elf uda error,akhirnya kami memunguti tas2 yg berjatuhan bagai pemulung alhasil jalanan jd macet.akhirnya tas2 pd gag di taruh di belakang,
    jalan menuju  kawahijen memang jauh banget,kira2 8jam dr probolinggo.dan 12 jam dr surabaya,melalui sempol jln lbh jauh tp datar di bandingkan via banyuwangi-licin jln menanjak dan berkelok2.
sebenernya kami belom ada yg tau jln ke kawah ijen melalui sempol,akhirnya tengah mlm kita tanya2 ke pom bensin+sopir truk.ketika sampai sempol kita tanya sopir truk "masih 20km lg pak kawah ijen nya" kata pak sopir sambil menghisap rokoknya .hati kami lega kita uda dekat kawah ijen pikirku.
setelah lanjut perjalanan melalui gelapnya mlm,dan 20km lebih pun sudah kami lewati tp kog gag nyampe2..setelah bertanya2 lg jawaban nya tetep sama 20km lg,hadeeehhh....kog gag nyampe2 ya.
  Akhirnya kita sampae hutan,aku pikir uda sampae ternyata....oh ternyata ini awal dr penyiksaan jln.pertama-tama jln bagus mulus agak nanjak lama2 jln uda mulai ngaco, jln 200 m kita pasti agak di suguhi jln berlubang di kanan kiri.setelah itu agak mendingan,tapi begitu masuk tengah hutan ampun deh bukan jln lagi tp kayak sungai dengan jln berbatu gede2.BARU KALI INI AKU LEWAT HUTAN TENGAH MALAM DGN JLN KAYAK KALIASAT.kami sudah cukup lelah digoyang kanan kiri gag karuan selama 6km dgn waktu tempuh 1jam lebih.msh mending naik fery nyebrang ke bali.setelah melewati jln penyiksaan,kami sampai di pertigaan dgn tulisan paltuding 10km.rupanya km sudah dekat.akhirnya kita lanjut dgn ragu2 bener apa salah jln ini.nyampaeklah di pos penjagaan 1(msh ada 3 pos jaga). di pos jaga ini kita disuruh ngisi buku tamu dan mbayar seiklasnya(ternyata pungli berlaku disini) aku kasih aja 20rb buat 2mobil krn aku pikir ini gerbang paltuding.setelah ngisi buku tamu kita bertanya ternyata msh jauh dan melewati 2 pos lg ,haduhh jln nya kog gag habis2 ya.
   Setelah lanjut jln akhirnya kita nyampe di pos2 lagi2 pungli ada disini,aku kasih aja 5rb,langsung ngacir setelah ngisi buku tamu.akhirnya jln menurun dan ketemu pertigaan kalau lurus ke licin,belok kiri airterjun blawan ,belok kanan paltuding atau kawah ijen.akhirnya kita belok kanan menuju paltuding,lagi2 pungli dgn atas nama buku tamu.kasih aja 5rb buat 2mobil.disini ada kejadian aneh.si reny mabuk jalan,muntah2 setelah digoyang kanankiri.rupanya dia masuk angin.lanjut jln lg 5km lg.menembus jln sempit yg mungkin tidak bisa buat papasan mobil sama mobil.akhirnya kita sampai juga di pos paltuding kita sudah ditunggu mas sam dr kawah ijen.setelah lapor per ijinan akhirnya kita mulai mendaki minus reny karena dia tepar di warung makan.nyampe juga di paltuding.berikut foto2 kami selama pendakian..ada suka ada duka tp lebih banyak sukanya mendaki disini butuh waktu sekitar 2jam nyampe puncakjln nya mudah dan lebar,tp nanjak dan rata.dgn cuaca yg dingin dan gerimis rintik2 kita memulai pendakian.disini ada sekitar30 patok batas.baru nyampe8patok si iin uda mulai putus asa mungkin karena di lelah menahan badan nya yg gede.tp kami terus  memberi semangat samapi di iming2i es krim kalau nyampe puncak.,akhirnya dia bisa melanjutkan jln dan melibas patok ke 16 lagi2 badan dia loyo,minta di carikan tukang ojek,ya jelas ga ada ,kalau mau mah naik tukang pikul belerang,tp tukang pikulnya yg gag mau.akhirnya kita bisa lanjut jln lg pelan2.setelah patok 20 iin semngatnya membara.melalui pinggiran tebing puncak sudah kliatan.kita mempercepat jln untuk mengejar si api biru.setelah nyampe puncak bau belerang menyegat.si api biru gag kliatan karena berkabut.pemandangan disini sungguh indah memanjakan mata.tukang pikul belerang supermen from kawahijen mulai berdatangan mengambil belerang dgn beban diatas 70kg,sungguh hebat.Setelah kita puas narsis2 dan memanjakan mata akhirnya kita mulai turun,bule2 pada berdatangan,mungkin pendakian disini 90%nya bule.turun disini rupanya tidak mudah,dgn kontur jln yg rata dan licin beberapa kali kami terpeleset.tp dgn rasa puas akhirnya kita nyampe paltuding