Translate

Thursday, June 14, 2012

pendakian extrem merapi

puncak setelah erupsi
paralayang dr pasar bubrah
kawah mati
bule
bisa mendaki merapi adalah suatu kebanggaan tersendiri apalagi setelah erupsi.saya mau berbagi pengalaman tentang pendakian merapi melalui jalur selo.Jalur selo adalah jalur termudah  untuk pendakian,karena jalur kaliurang uda ditutup,jalur babadan magelang juga uda ditutup.
jalur dari new selo sekarang juga sudah berubah,jalur sekarang dr new selo lurus aja menyusuri sungai yg tak berair.setelah itu lanjut aja nyampe pos 1.kalo mau cepat dari pos 1 belok kanan ambil jalur lumut.jalur lumut ini jalur paling cepat mencapai pasar bubrah.tp hati2 jika lewat jalur ini karena melalui jurang atau jalur air.mungkin bisa 1jam lebih cepat jika lewat jalur utama..
jalur yg saya ambil kali ini melalui jalur lumut,berhubung bulan purnama,maka pendakian agak terbantu cahaya bulan.
perlu di ketahui merapi saat ini 3/4 nya pasir jd pohon aja cuma setinggi orang biasa,smoga merapi bisa hijau kembali sebelum erupsi lagi.jalur lumut nanti akan ketemu  jalur utama setelah watu gajah,ato bawah pasar bubrah. waktu tempuh dari basecamp pak min-pasar bubrah sekitar 4jam nyantai.untuk menhindari dingin yg amat dingin karena pendakian saya kali ini pas puasa bulan agustus pula.
jadi saya mulai mendaki sekitar jam 12 mlm nyampe pasar bubrah jam 5 pagi.
pendakian saya kali ini barengan dari tim TVRI JOGJA.yg mengadakan pengibaran bendera merahputih di puncak merapi.dan ada juga rombongan tim paralayang dari semarang.
waktu tempuh pasar bubrah- puncak 1jam.saran saya kalo mau summit atack sebaiknya setelah cuaca cerah ato uda kliatan jalan nya dan tidak berkabut,dikarenakan gag ada jalur inti,jd kita nyari jalan sendiri.
berikut foto2 saya:

No comments:

Post a Comment